PHOTO MOMENTS

ENGLISH COURSE BATCH 6 “ENGLISH FOR PUBLIC SERVICES TRAINING”

Mengapa program ini penting untuk diikuti?

Customer service menjadi wajah sebuah instansi pendidikan karena berhubungan langsung dengan Mahasiswa. Komunikasi yang dilakukan seorang customer service kepada Mahasiswa dapat berupa komunikasi tatap muka, telephone, email bahkan interaksi di media sosial. Hubungan yang baik antara Mahasiswa dan Instansi pendidikan merupakan hal yang penting untuk mendukung kesuksesan kuliah. Sehingga peran seorang customer service sangatlah krusial.

Kesuksesan suatu institusi pendidikan sendiri juga tergantung dari bagaimana seseorang dapat melayani dan membantu Mahasiswa dengan baik. Orang yang berkomunikasi untuk melayani dan membantu Mahasiswa di institusi pendidikan umumnya disebut sebagai customer service. Dilansir dari www.liputan6.com sebagian besar usaha yang sukses menyadari pentingnya menyediakan customer service, karena Interaksi yang sopan dan empati seorang customer service yang profesional dapat menjadi nilai tambah bagi institusi pendidikan. Persepsi Mahasiswa terhadap institusi pendidikan dan layanan sebagian dibentuk oleh pengalaman berkomunikasi dengan seorang customer service. Dengan adanya hal tersebut maka peluang untuk menjadi seorang customer service masih terus terbuka.

Meskipun demikian, untuk menjadi seorang customer service yang profesional kini dibutuhkan beberapa kemampuan atau kompetensi terutama dalam berkomunikasi, salah satunya kemampuan menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar universal juga dirasa penting guna menunjang profesionalisme pekerjaan. Selain itu terdapat kompetensi yang harus pula dikuasai seorang customer service diantaranya adalah untuk memberi salam dan memperkenalkan diri kepada pelanggan dengan ramah dan komunikatif, melayani Mahasiswa dengan prima, mengelola layanan dengan berkualitas, memproses keluhan dengan sigap, memenuhi kebutuhan, dan menerapkan etika profesi customer service dengan baik.

Dari adanya peluang tersebut, Pada Tanggal 23 November 2023 UPT BAHASA Universitas Sains Alqur’an Wonosobo yang digawangi oleh Ibu Chairani Astina, M.Pd menyelenggarakan pelatihan bertajuk ENGLISH COURSE BATCH 6 “ENGLISH FOR PUBLIC SERVICES TRAINING” yang diselenggarakan di LINGUA FRANCAFE UPT BAHASA Universitas Sains Alqur’an Wonosobo. Tujuannya adalah menyiapkan para peserta yang notabenenya adalah customer service pada setiap unit pelayanan dilingkungan Universitas Sains Alqur’an Wonosobo diharapkan dapat mempelajari dan memperoleh pelajaran, pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang customer service yang mampu untuk melayani pelanggan menggunakan bahasa Inggris. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi, wawancara, dan handout dari pemateri, serta refleksi pembelajaran, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi customer service yang mampu untuk berkomunikasi dalam melayani dan membantu pelanggan dengan baik. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang sedang meniti karir sebagai customer service atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai customer service.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Dalam program pelatihan disampaikan oleh pemateri handal yakni Ibu Niken Kencono Ungu, M.Pd. Dalam pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang cara memberi salam dan memperkenalkan diri kepada pelanggan menggunakan bahasa Inggris dengan ramah dan komunikatif, pelayanan pelanggan menggunakan bahasa Inggris dengan prima, pengelolaan layanan pelanggan dengan berkualitas menggunakan bahasa Inggris, memproses keluhan pelanggan dengan sigap, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan menerapkan etika profesi customer service dengan baik.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan Customer Service Representative , Customer Service Associate dan Customer Success, Unit Pelayanan Terpadu, dan Staff lainnya.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *