1000 Khataman Al-Qur’an di Ramadhan in Campuss

UNSIQNews – Untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Perguruan Tinggi yang berbasis Pesantren dan Al-Qur’an, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo tahun ini kembali menggelar Program Ramadhan in campus (RIC) tahun 2022.

“Ramadan In Campus” dibuka dengan seminar akademik bertema “Kemukjiatan Al Qur’an dalam Perspektif Gender (Studi Susunan Kebahasaan)” di Masjid Al-Furqon Kampus I Unsiq di Wonosobo, Kamis (7/4/2022).

Dengan beberapa narasumber yaitu Dr. H. Z Sukawi, MA (Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo) dan Prof. Dr. Darwis Hude M.Si (Direktur Pascasarjana PTIQ Jakarta). Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Senat Unsiq Dr. M Syakir, M.Ag, Wakil Rektor I Unsiq Dr. KH. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd dan Direktur PPS Unsiq Dr. KH. Ahsin Wijaya, Alh, MAg. Serta disiarkan secara langsung melalaui chanel Youtube Unsiq Media Center.

Ketua Panitia “Ramadan In Campus” yang juga menjabat Wakil Rektor I Dr. KH. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd menyampaikan dalam sambutanya bahwa penyelenggraan “Ramadan In Campus” kali ini, dibuat berbeda dengan kegiatan serupa tahun sebelumnya. Unsiq ingin lebih menyemarakan suasana bulan ramadan dengan nuansa Al-Quran di masyarakat yang melibatkan seluruh civitas akademika Unsiq.

“Dengan berbagai kegiatan mulai dari tahtiman Al-Quran 1000 kali, seminar, bazar, bakti sosial, tarawih bersama serta vaksinasi Covid-19. Sedangakn kegiatan tahtiman juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) lain, seperti Institut Daruul Quran (IDAQU) dan IIQ Jakarta secara serentak dan bersamaan,” ungkapnya.

Rektor Unsiq Dr. H. Z Sukawi, MA mengatakan bahwa Unsiq segaja mengambil tema dan kegiatan berbasis Al-Qur’an sebagai ikhtiar untuk membawa Unsiq mendunia dengan Al-Qur’an. Sebab, Unsiq merupakan kampus bernafas Al-Qur’an dan pesantren.

“Kegiatan ‘Ramadan In Campus’ tahun ini akan dilakukan khataman Al-Qur’an sebanyak 1000 kali oleh alumni, mahasiswa, dosen dan karyawan Unsiq. Secara formal acara di mulai sejak Kamis, 7 April dan baru akan berakhir pada 21 April 2022 mendatang. Tapi sebenarnya kegiatan telah dimulai sejak awal ramadan lalu,” ujarnya.

Beliau berharap dengan kegaiatan ini Unsiq sebagai perguruan tinggi berbasis Al-Qur’an berusaha menanamkan nilai-nilai Qurani di semua aspek kehidupan di masyarakat dan semoga Al-Qur’an semakin mewarnai kehidupan masyarakat.

Penulis : Sofyan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *